Jenis - jenis Komputer (Lengkap)


1.2            Komputer Berdasarkan Ukuran dan kapasitas

A.  Mikro Computer

-          Bisa disebut juga dengan desktop computer atau personal computer
-          Ukuran main memory berkisar 16 KB sampailebihdari 1MB
-          Single User
-          Bentuknya kecil dan dapat di letakkan di atas meja
-          Harganya cukup murah



B.    Mini Computer
-          Dapat digolongkan menjadi mini-mini komputer, midi-mini computer, maxi-mini computer dan super mini komputer tergantung dari kemampuannya
-          Ukuran main memory berkisar 4 MB sampai lebih dari 128 MB
-          Multi User
-          Harganya relative mahal tergantung dari banyaknya terminal dan alat input serta ouputnya
-          Digunakan untuk pengendalian produksi, riset laboratorium dan komunikasi data

C.   Small Computer
-          Dapar di sebut dengan nama small-scale mainframe computer
-          Ukuran main memory berkisar 64 KB dan dapat dikembangkan sampai lebih dari 8 MB
-          Menggunakansystem multi programming, multi processing dan virtual storage sertabersifat multi user
-          Harganyalebihmahaldaripada Mini Computer tergantungdaribanyaknya terminal danalat input sertaouputnya         





1.3 Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan

A.   Komputer Mainframe

Mainframe Komputer adalah komputer yang digunakan untuk menjalankan aplikasi besar dalam pengolahan data yang besar, biasanya Mainframe dipakai oleh perusahan atau organisasi besar. Contoh pengolahan data yang membutuhkan Mainframe Komputer adalah pengolahan data sensus penduduk, riset penelitian dan keperluan militer. Mainframe dapat melayani banyak pengguna dalam waktu bersamaan, memiliki kemampuan untuk melayani beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai virtual komputer yang dapat menggantian beberapa server dengan skala kecil.

Contoh
komputer mainframe:
·         IBM System/360,
·         IBM System(ESA)/390,
·         Honeywell-Bull DPS 7.


B.    Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah komputer yang menggunakan mikroprocessor sebagai CPU, atau dikenal juga dengan nama komputer mikro. Dari segi bentuk, mikrokomputer tidak sebesar Mainframe Komputer. Sedangkan dari segi penggunaan, komputer ini diperuntukkan bagi penggunaan secara personal yang digunakan untuk mengolah data-data yang tidak terlalu kompleks. Mikrokomputer dikenal pula sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer.
Jenis-jenis mini computer:
·         PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
·         PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
·         VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
·         Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
IBM System/370




1.3            Komputer Berdasarkan penggunaannya

A.  Komputer untuk penggunaan khusus (special purpose komputer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer sudah tertentu dan sudah tersimpan di dalam komputernya. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special purpose computer Special purpose komputer banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri dan untuk tujuan militer, untuk memecahkan masalah navigasi di kapal selam atau kapal terbang. Sekali special purpose komputer sudah diprogram untuk masalah yang khusus maka tidak dapat digunakan untuk masalah yang lainnya, tanpa adanya perubahan-perubahan yang dilakukan di dalam komputer.

B.   Komputer untuk penggunaan umum (general purpose komputer)

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah, dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda. Karena komputer jenis ini tidak dirancang untuk masalah yang khusus, maka dibandingkan dengan special purpose komputer , kecepatannya lebih rendah. General purpose computer dapat di gunakan untuk menyelesaikan masalah – masalah yang berbeda misalnya , aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan data, games, General purpose computer dapat berupa komputer digital maupun analog, tetapi umumnya komputer digital adalah general purpose computer



1.4            komputer berdasarkan bentuk

A.    Tower
            Tower adalah komputer yang berbentuk seperti menara yang biasa diletakkan di samping atau di bawah meja, ukurannya relatif besar sehingga dapat memenuhi meja. Komputer seperti ini umumnya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak pula memiliki tempat untuk memasang card tambahan (expantion slot), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan semisal VGA, SOUND CARD Dsb. Tower (menara) biasanya diletakkan di samping atau di bawah meja karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini umumnya memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki tempat untuk memasang card tambahan (expansion slot), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

B.    Dekstop
            Komputer dekstop atau meja kerja adalah komputer yang biasa diletakkan di atas meja , komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang terjangkau, komputer seperti ini dapat kita temui dengan mudah diberbagai tempat semisal di kampus atau sekolah, di percetakan dsb. Komuter seperti inilah yang sekarang kita atau masyarakat pakai. Kalau saya melihat komputer dektop sekarang ini, memang sepertinya mengadopsi dari bentuk tower hanya saja ukurannya lebih kecil dan tentunya lebih terjangkau. Desktop (meja kerja) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dairi tower, tetapi biasanya diletakkan di atas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang dipakai sekarang ini adalah jenis desktop.

C.  Portable
            portable berarti mudah untuk dibawa-bawa, komputer portable mempunyai ukuran yang sedikit lebih kecil dari komputer dektop, komputer seperti ini biasanya bagiannya dapat di urai dan dirangkai dan ditempatkan dalam satu kotak saja sehingga mudah untuk di bawa, komputer seperti ini memang kurang populer karena ukurannya yang relatif besar jika untuk di bawa-bawa, bahkan mungkin sekarang sudah tidak ada lagi yang memproduksi komputer jenis ini. Portable (mudah dibawa – bawa) adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari dekstop karena bagian – bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja sehingga mudah dibawa ke mana – mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering berada di lapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
D.  Notebook
            Notebook (buku catatan) adalah komputer yang sekarang sedang popular karena memang komputer seperti ini mudah di bawa karena ukurannya yang relatif kecil, mungkin sama dengan ukuran kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya 1,5 sampai 6 kg. Notebook sepertinya akan menjadi pilahan yang cocok bagi masyarakat, terutama bagi seorang yang sering bepergian jauh dan membutuhkan komputer di mana saja. Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai untuk pelajar, mahasiswa, dan orang – orang bisnis). Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 1,5 sampai 6 kg (tergantung perangkat yang terpasang pada notebook).


E.   Palmtop
            palmtop adalah komputer yang dapat digegam, ukurannya yang sanga kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer seperti ini juga sering disebut dengan handheld
computer.diatas adalah jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisiknya , tentunya ada jenis tertentu yang sudah tidak diproduksi dan digantikan dengan jenis lain, untuk itu jika ada jenis komputer yang sudah tidak ada sekarang ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan
semoga sedikit kilasan diatas dapat Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam. Ukurannya yang sangat kecil, kira – kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer ini sering disebut handheld computer . Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik.

 KOMPUTER BERDASARKAN OPERASIONAL PEMAKAIANNYA


A.  Analog
Jenis computer ini tergolong teknologi awal-awal perkembangan computer
Computer analog ini hanya dapat mengolah data secara kualitatif. Outputnya berupa grafik atau bentuk dial. Contohya pada besaran arus listrik yang berupa gambar-gambar grafis sinyal atu pada alat pengukur gempa bumi (seismograf)


B.   Digital
Komputer ini diciptakan untuk mengolah data yang bersifat Kuantitatif berupa huruf,angka dan tanda baca lainnya. Merupakan hasil tekologi yang dapat mengubah urutan bilangan biner

Kelebihannya 
1.      Mampu mengirim informasi dengan kecepatan tinggi
2.      Informasi dapat di olah dalam berbagai bentuk (gambar,angka,huruf)
3.      Dapat memproses dan mengirimkan informasi secara interaktif
4.      Penggunaan/pemakaian informasi secara terus menerus tidak memperngaruhi kualitas dan kuantitas informasi tersebut

C.  Hybrid
Jenis computer ini merupakan kombinasi dari computer digital dan analog, dapat mengolah data secara kualitatif dan kuantitatif

Kelebihannya
1.      Dapat mengolah data lebih cepat dari computer digital


2.      Dapat mengolah data lebih akurat dari computer analog

Download Berbentuk makalah di Sini

Sumber :
www.jaringankomputer.org 
www.ephi.web.id
www.mandalamaya.com
www.dedebrahma.blogspot.com
www.greencoffekk.unblog.fr

Comments