Susunan Cara Pembuatan Proposal yang baik dan benar


1.        PENDAHULUAN          
Pemaparan dasar kegiatan di laksanakan, adanya penjelasan kegiatan dan apa yang akan di capai pada kegiatan ini.


2.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan dari kegiatan di laksanakan, arah kegiatan dan hal yang akan menjadi tujuan kegiatan. Tujuan kegiatan sesuai dengan Tema kegiatan.

3.    TEMA
Dibuat dengan singkat, padat dan jelas. Tema di buat dengan semenarik mungkin sesuai dengan Tujuan kegiatan dan tidak menimbulkan pertanyaan dan kebingunan bagi pembacanya.

4.    NAMA KEGIATAN
Nama Kegiatan tersebut.

5.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan harus jelas hari,tanggal dan pukul berapa di laksanakannya. Tempat harus jelas dilaksanakan dimana, sertakan alamat detailnya.

6.    PESERTA
Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, dapat di cantumkan target peserta, berapa orang yg menjadi pesertanya dan cantumkan daftarnya.

7.    SUSUNAN PANITIA
Panitia yang melaksanakan kegiatan tersebut, dimulai dari penasihat,pengarah/steering commite, penanggungjawab, panitia pelaksana dimulai dari ketua panitia sampai anggota seksi-seksi/divisi.

8.    ANGGARAN KEGIATAN
Membuat kebutuhan anggaran biaya yang di gunakan, harus detail dan masuk akal/logis. Bila ada pemasukan, cantumkan agar jelas total kebutuhan biaya berapa dan kekuranganya berapa. Jangan lupa buat rekapitulasi anggaran biaya
#biasanya ada di bawah setelah detail anggaran pemasukan maupun pengeluaran.

9.    SUSUNAN ACARA
Jadwal acara yang akan di laksanakan, cantumkan agenda, penanggung jawab/penyaji/narasumber serta pukul berapa dilaksanakankan tiap agenda yang di rencanakan

10.  PENUTUP
Berupa kalimat penutup dari keseluruhan isi, sampaikan harapan panitia mengenai proposal tersebut dan gambarka kalimat yakin dan percaya kegiatan dapat berlangsung baik dengan dukungan dari semua pihak. Jangan lupa sampaikan doa/salam terbaik kita.

Comments