expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday, 22 November 2012

Interaksi Sosial Asosiatif & Disosiatif


Interaksi Sosial

Asosiatif
Interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan) seperti :
·         Kerja sama

Adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Contoh gambar :
keterangan : kerjasama untuk mempersiapkan hari kemerdekaan (17 Agustus)
dengan dilakukan secara bersama maka perkerjaan yang beratpun akan menjadi ringan serta menimbulkan sikap kekeluargaan serta tenggang rasa yang tinggi.



·         Asimilasi
Adalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda, saling bergaul secara intensif dalam jangka waktu lama, sehingga lambat laun kebudayaan asli mereka akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran.
contoh gambar :
Keterangan : sepeda ontel adalah jenis kendaraan jaman dahulu, dan karna pengaruh perubahan jaman maka sepeda tersebut kurang efisien untuk alat transportasi sehingga ada sepeda motor seperti sekarang.



Disosiatif
Interaksi sosial yang bersifat disosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk pertentangan atau konflik, seperti :
·       Konflik/pertentangan
Adalah proses sosial antar perorangan atau kelompok masyarakat tertentu, akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat mendasar, sehingga menimbulkan adanya semacam gap atau jurang pemisah yang mengganjal interaksi sosial di antara mereka yang bertikai tersebut.
Contoh gambar :

Keterangan : tawuran antar pelajar, ini hal biasa yg sering terjadi di kalangan pelajar, biasanya terjadi hanya karna hal kecil,


·       Persaingan
Adalah suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu, agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif, tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik di pihak lawannya.
Contoh gambar :

Keterangan : gambar anime partai, mereka bersaing agar di pilih oleh masyarakat, terkadang dari persaingan juga timbul rasa tidak suka sehingga menimbulkan konflik